Kamis, April 25, 2024
BerandaPemerintahPemkab Karo Gelar Peringati Hari Lahir Pancasila

Pemkab Karo Gelar Peringati Hari Lahir Pancasila

Karo – Pemerintah Kabupaten Karo gelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2023, dengan mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Turut hadir, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Wakil Bupati Theopilus Ginting, Forkipimda, Kejari Karo, Pengadilan Negeri, jajaran ASN dan Kepala OPD Pemkab Karo, anggota DPRD, sejumlah perwakilan anak sekolah dan lainnya.

Upacara digelar di Halaman Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Kamis (01/06/2023).

Hari Lahir Pancasila 2023 juga mengusung tagline khusus untuk peringatan tahun ini. Tagline Harlah Pancasila 2023 adalah “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

Amanat Presiden RI dibacakan Wakil Bupati, Theopilus Ginting selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa keberadaan pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” ujar Theopilus Ginting membacakan amanat Presiden Joko Widodo.

Diakhir amanatnya, Presiden RI, Joko Widodo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan keseharian dan dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

“Serta terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradapan ke depan,” pesannya.

Theopilus Ginting menuturkan, Pancasila merupakan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

Dimana, pengalaman dari setiap nilai-nilai Pancasila perwujudan rasa cinta terhadap tanah air yang bisa membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik.

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Wakil Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Karo untuk terus menggelorakan semangat Pancasila dan berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 juga digelar serentak di 17 kecamatan se-Kabupaten Karo.

Upacara dipimpin langsung oleh Camat serta turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), seluruh perangkat Kecamatan dan perangkat desa. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments