Senin, Mei 27, 2024
BerandaPemerintahPemkab Karo Gelar Festival Pameran Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman

Pemkab Karo Gelar Festival Pameran Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Drs. Dapatkita Sinulingga mewakili Bupati Karo secara resmi membuka Perlombaan Pameran Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tahun 2023 di Kabupaten Karo bertempat di Jambur Pemerintah Kabupaten Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Jumat (27/10/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pemahaman bagi peserta pameran bahwa memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya pangan lokal yang beraneka ragam, bukan hanya mengandalkan satu bahan pokok saja yakni beras.

Melalui lomba ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat mengkonsumsi pangan olahan lokal.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui potensi sumber karbohidrat non-beras seperti jagung, umbi-umbian, sagu dan lainnya yang ada di sekeliling mereka.

Pada kesempatan ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Drs. Dapatkita Sinulingga berharap melalui kegiatan ini dapat memantapkan kemandirian pengelolaan dan pelestarian Sumber Daya Alam (SDA) dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, misalnya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun, dan lain-lain.

“Bagi masyarakat agar senantiasa melakukan upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, seperti berkaitan dengan produksi ketersediaan distribusi dan keamanan pangan terutama dalam menyikapi perkembangan terkini tingkat lokal nasional maupun internasional,” katanya.

Lomba pameran pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal adalah aneka ragam bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral, yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan. Pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Peserta lomba adalah PKK desa yang mewakili 17 Kecamatan di Kabupaten Karo. Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri yang terdiri dari:

Ny. Vera Rika Theopilus Ginting
(Ketua TP-PKK Kabupaten Karo)
Victoria Elisabeth Hulu, SKM
(Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara)
Drh. Verysoni Karokaro
(Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Karo)
Agustina Perangin-angin, SKM, M.Kes
(Dinas Kesehatan Karo)
Dikson Pelawi
(Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kabupaten Karo).

Para pemenang lomba hasil penilaian juri yakni:
Juara 1: Kecamatan Merek
Juara 2: Kecamatan Merdeka
Juara 3: Kecamatan Namanteran

Harapan 1: Kecamatan Simpang Empat
Juara Harapan 2: Kecamatan Barusjahe
Juara Harapan 3: Kecamatan Kabanjahe.
(As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments