Sabtu, April 13, 2024
BerandaPemerintahPara Penguru Cabang Persatuan Insinyur Indonesia Kabupaten Nagan Raya Resmi Dikukuhkan

Para Penguru Cabang Persatuan Insinyur Indonesia Kabupaten Nagan Raya Resmi Dikukuhkan

Suka Makmue – Neracanews | Pengurus Cabang Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kabupaten Nagan Raya Periode 2023-2026 dilantik. Kegiatan tersebut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP, S.Sos., M.Si di Anjungan Pendopo Bupati Komplek Perkantoran Suka Makmue, Minggu (25/06/2023).

Adapun ketua PII Kabupaten Nagan Raya dijabat oleh Ir. Tamarlan, ST yang merupakan kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Nagan Raya dan dilantik atau diambil sumpah atau janji oleh Ketua PII Wilayah Aceh Prof. Dr. Ir Marwan, IPU, APEC.Eng yang juga merupakan rektor Universitas Syiah Kuala (USK).

Pada prosesi pelantikan juga dilakukan penandatanganan berita acara oleh Pj Bupati Firiany Farhas, PII Aceh dan PII Nagan Raya, serta penyerahan petaka yang diserahkan dari ketua PII Aceh kepada ketua PII Nagan Raya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany Farhas mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus cabang PII Nagan Raya yang baru saja di Lantik, semoga pengurus PII di Nagan Raya dapat membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengatasi segala permasalahan di kabupaten Nagan Raya.

Terlebih, kata Fitriany, saat ini Kabupaten Nagan Raya tengah dilanda Karhutla, sebagian sawah terjadi kekeringan dan membutuhkan air akibat kemarau panjang, bahkan juga ia berharap agar PII dapat membantu permasalahan lain sebagainya.

“Semoga pengurus PII di Nagan Raya dapat mengatasi itu yang juga mencakup di bidang keinsinyuran, seperti bidang mitigasi bencana, sumber daya air, pertanian dan perkebunan dan lain sebagainya,” kata Fitriany.

Dikatakannya, seperti yang diketahui bahwa keberadaan Insinyur merupakan sebuah keniscayaan pasca lahirnya Undang Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

Peran dan tanggung jawab para
insinyur, lanjut Pj Bupati, semakin hari semakin berat dan menantang. Kompetensi dan profesionalisme merupakan hal utama dalam bekerja. Baik sebagai insinyur
profesional di bidang industri, produksi, pelayanan dan jasa di dunia kerja maupun penerima manfaat keinsinyuran, yaitu pemerintah dan dunia usaha.

“Maka dari itu peran insinyur sangat dibutuhkan pemkab, baik itu di sektor pembangunan infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM),” ujarnya.

Karena, tambah Fitriany, beberapa hari yang lalu telah dilakukan MoU antara SMK 1 Nagan Raya dengan beberapa perusahaan yang ada di Nagan Raya. Hal tersebut juga bertujuan agar nantinya lulusan SMK memiliki skil dan bisa bekerja di perusahaan tersebut.

“Karena saat menempuh sekolah mereka diharuskan magang di sana. Kalau sudah pernah magang di sana, setidaknya mereka sudah tau sistem bekerja dalam perusahaan itu,” jelas Fitriyany.

Menurutnya, Kabupaten Nagan Raya merupakan salah satu kabupaten di pantai barat-selatan Aceh dan termasuk salah satu kabupaten dengan pengembangan industri semakin pesat. Kehadiran PLTU 1-2, PLTU 3-4 dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro, merupakan salah satu wujud pengembangan insdustri di Nagan Raya.

“Kita juga tumbuh dan berkembang, perkebunan sawit yang membutuhkan para insinyur pertanian yang professional. Dengan pengembangan pabrik kelapa sawit yang meningkat, menjadikan tantangan tersendiri untuk tumbuh perusahaan hilir yang mampu mengolah produksi kelapa sawit menjadi barang produktif dan inovatif,” imbuhnya.

Selain itu perkembangan pembangunan di daerah khususnya Nagan Raya juga bergerak di bidang pertanian bisa menjadi sentra tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan produksi ternak, pengelolaan kehutanan yang baik, kelautan dan sumberdaya perikanan, pengembangan sektor pariwisata serta berbagai kegiatan lainnya membutuhkan para insinyur professional.

“Sehingga kehadiran para insinyur yang tergabung dalam wadah Persatuan Insinyur Indonesia mutlak sangat dibutuhkan
di Kabupaten Nagan Raya, kerjasama dan kontribusi PII Cabang Nagan Raya dalam pembangunan Kabupaten Nagan Raya sangat dibutuhkan,” pintanya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Wilayah PII Provinsi Aceh Marwan menyampaikan apresiasinya kepada pengurus PII Kabupaten Nagan Raya sehingga proses pembentukannya sudah dilaksanakan sesuai Ad/Art PII, dimulai dengan pelantikan ketua dan pengurus PII kabupaten Nagan Raya.

“Saya berharap PII ini dapat menjadi mitra pemerintah, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah, sehingga dapat diterima manfaat oleh masyarakat sekitar daerah tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PII Nagan Raya Tamarlan mengatakan bahwa ia dan penguris akan membantu pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Nagan Raya.

“Saya siap membantu melakukan percepatan pembangunan di kabupaten Nagan Raya, seperti arahan Pak Ketua PII Aceh,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga akan selalu menjaga kode etik insinyur dan profesional dalam bekerja dan menjalani roda organisasi PII serta akan selalu berkoordinasi dengan pengurus PII wilayah Aceh.

“Saya akan akan selalu menjalankan tugas dan tanggungjawab yang telah diamanatkan, dalam menjalankan kepengurusan PII ini, dan terima kasih telah mempercayakan saya sebagai ketua PII Nagan Raya,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan itu Wakil Kapolres, wakil ketua II DPRK, mewakili Dandim 0116/Nagan Raya, sekretaris daerah, dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, pengurus yang dilantik serta tamu undangan lainnya.

Adapun struktur kepengurusan lengkap PII wilayah Kabupaten Nagan Raya ialah Ketua Ir. Tamarlan, ST, Wakil Ketua Teuku Azwir ST., M.Eng, Wakil Ketua II Syafriadi Betra, ST, Sekretaris Ir. Samsunan, ST., MT, Wakil Sekretaris Ir.Bustami, ST, Wakil Sekretaris II Antalia, ST, Bendahara Ir. Faisal Arief, ST., MT, dan Wakil Bendahara Yusti Yanti, ST.

Semengara untuk pengurus bidang, Ir. David Irawan, ST di Bidang Rekayasa dan Kontruksi, Marbawi, ST di Bidang Industri, Ir. Irwansyah., MT di Bidang Sumber Daya Air, Saidon Tanji, ST di Bidang Pertanian dan Perkebunan, Deni Irwansyah, ST untuk Bidang Mitigasi Bencana.

Selanjutnya Komisi-komisi atau Komite Akreditasi dan Sertifikasi di bawah Munzirwan Habibi, MT, Komite Pendidikan dan Pelatihan Profesi Ir. Meylis Safriani, ST., MT, Komite Advokasi M. Saleh, ST, serta Komite Pengembangan Organisasi dipercayakan kepada Firdaus Nuzula, ST., MT (Ainon)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments