Taput (Neracanews) – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melaksanakan Jumat Bersih dan gotong-royong massal sebagai salah satu upaya dalam pencegahan bencana banjir dengan melibatkan ASN seluruh Perangkat Daerah, personel Polres Taput, Anggota Kodim 0210/TU, organisasi masyarakat dan partai politik, Tarutung (31/3/2023).

Kadis Kominfo Tapanuli Utara Hendrik Taruna Surbakti bersama Kasatpol PP Rudi Sitorus, Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sofian Simanjuntak dan beberapa Kepala Bagian serta Camat Tarutung.

“Yang menjadi fokus lokasi gotong royong kita saat ini mulai jalan DI Panjaitan, jalan Raja Johannes Hutabarat sampai jalan JCT Simorangkir Simpang Salib Kasih. Sepanjang rute ini yang merupakan beberapa titik rawan banjir ketika curah hujan meningkat,” ucap Kadis Hendrik Taruna.

Kadis Kominfo tersebut juga menjelaskan bahwa hal ini selalu menjadi bagian perhatian Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si yang selalu menekankan perlunya menggalakkan Jumat Bersih sesuai dengan surat Bupati Tapanuli Utara nomor 411/0275/08.2.2/I/2023 yang mengatur tentang Pelaksanaan Gotong Royong dan Jumat Bersih.

“Selain dukungan dari personel Polres Taput dan Kodim 0210, kita melihat meningkatnya keperdulian dan peran serta masyarakat sekitarnya. Adanya juga beberapa organisasi kemasyarakatan termasuk dari Partai PDI Perjuangan masyarakat sekitar yang ikut turun tangan dan memberikan dukungan berupa hidangan kopi-teh bagi peserta.” urainya.

“Bapak Bupati berpesan agar seluruh ASN selalu aktif dalam Jumat Bersih ini dan mengharapkan keperdulian masyarakat dengan membersihkan lingkungannya masing-masing semakin ditingkatkan,” jelas Kadis Hendrik Taruna.

Kepala Satpol PP Rudi Sitorus mengatakan bahwa personel Pemadam Kebakaran turut dilibatkan untuk mendukung gotong royong massal ini.

“Mobil pemadam kita libatkan untuk membersihkan sedimen tebal di selokan-parit agar air tidak meluap atau tersumbat. Terimakasih atas dukungan personel TNI-Polri serta ormas dan Parpol yang selalu mendukung Jumat Bersih, semoga bencana banjir di Tarutung dapat diminimalisir. Mobil damkar kita selalu aktif dilibatkan dalam pembersihan korekan endapan sedimen,” ungkap Kasatpol PP Rudi Sitorus.

“Sesuai dengan perintah Bapak Bupati, kita selalu siagakan petugas dan unit pengangkutan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup untuk mendukung kebersihan lingkungan kita terutama Tarutung sebagai ibukota Kabupaten. Saat ini kita menurunkan unit-unit pengangkutan sampah sehingga limbah-limbah tidak kembali mengganggu apalagi sampai menyumbat parit-selokan,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Heber Tambunan.

Salah satu warga DI Panjaitan Berta boru Silitonga yang yang terlibat pada Jumat Bersih tersebut menyambut baik program Bupati dalam Jumat Bersih tersebut. “Ini perlu didukung masyarakat banyak karena ini demi kenyamanan kita sendiri.” sebutnya. (Henry)