Sabtu, April 13, 2024
BerandaPemerintahMengenal Sosok Afnan Lubis SH Kisah Perjalanan dan Perjuangannya di Desa Batahan...

Mengenal Sosok Afnan Lubis SH Kisah Perjalanan dan Perjuangannya di Desa Batahan I

Neracanews | Mandailing Natal – Berawal dari Kotanopan orangtua dari orangtua ayah ( Ninik) Afnan Lubis, S.H berkembang di Desa Taming Kampung Sabolah Kec. Ranah Batahan Pasaman Barat Sumatera Barat.

Dengan kenderaan melalui / Via air / sungai, sampailah di Bukik Kapundung / Banjar Aur turun-temurunlah ayahnya ayah Afnan Lubis, S.H di Desa Banjar Aur ayah dari ayah Afnan Lubis, S.H yang berjumlah 12 orang salah satunya bernama Jidin mereka berkembang tumbuh di Desa Banjar Aur dari anak Jidin salah satunya adalah Kaya Alim Lubis ( Almarhum ) dari anak Kaya Alim Lubis ( Almarhum ) salah satunya anak ke tiga ( 3 ) dari Sembilan bersaudara lahirlah Afnan Lubis, S.H di Desa Bukik Kapundung /Banjar Aur pada Tanggal : 13 April 1971 yang pada Tahun 2017 – 2023 terpilih menjadi Kepala Desa Batahan I .

Kesimpulan :
Afnan Lubis, S.H
Adalah Orang Pasisir Asli Lahir di Desa Banjar Aur dari Kakek dan Neneknya 12 Orang berkembang dan tumbuh di Desa Banjar Aur.

Asal dari Kotanopan, Lubis merantau maka Afnan Lubis orang asal Keturunan Mandailing /Batak.
Sedangkan umak Afnan Lubis, S.H yaitu : Naimah Piliang Binti Almarhum Yakub Piliang asal Pasaman Barat yang tumbuh berkembang di Desa Simpang Durian Dusun Pulo Padang Kecamatan Linggabayu Kab. Madina Provinsi Sumatera Utara.

Afnan Lubis, S.H
Menikah dengan Putri Jawa kelahiran Sumatra yang salah satunya pencetus lahirnya Paguyuban Puja Kesuma di Desa Batahan I dan salah satunya promotor lahirnya Karang Taruna Sinar Pelangi Baru di Desa Batahan I sambil mengutamakan tugas nya sebagai penempah / pencetak generasi penerus di bidang pendidikan ditingkat Sekolah Dasar (SD ) sebagai pahlawan tanpa tanda jasa (Guru) di SD Nomor 350 sekarang di SDN 328 Sinunukan saat ini yaitu nama Lelitriana, S.Pd menikah dengan Afnan Lubis, S.H tahun 1998 yang dikaruniai tiga anak yakni :
1.Bayu Ihza Mahendra Lubis, S I Kom.
2.Pandu Afliza Lubis
3. Dindatiara Lubis.

Jika dikaitkan dengan keterwakilan masyarakat ; Afnan Lubis, S.H dapat dikatakan mewakili orang pasisir karna tumpah darah dan sesepuh nenek moyangnya dari Ayah nya susuk lantak Banjar Aur/Bukik Kapundung Orang Banjar Aur.

Bisa juga mewakili Lubis / Mandailing dan Batak karna Afnan Lubis, S.H neneknya dari laki-laki marga Lubis ( Lubis Merantau dari Kotanopan), berkembang turun – temurun di Desa Banjar Aur karena Afnan Marga Lubis.

Bisa juga mewakili orang Jawa atau Pujakesuma karna Isterinya Suku Jawa Kelahiran Sumatera yaitu Lelitriana, S.Pd Binti Ponimin

Perolehan suara terbanyak / Kemenangan AFNAN LUBIS, S. H di Pilkades 2017 adalah kemenangan masyarakat menyeluruh, kemenangan masyarakat di Desa Batahan I, Desa Multi Etnis kemenangan semua etnis/suku.

Demikian juga harapannya pada Pilkades serentak tahun 2023 bulan Agustus 2023 nanti.

Afnan Lubis, S.H menang berarti kemenangan semua etnis / suku.

Pernah mendapat amanah dari Masyarakat Desa Batahan I.
1. Koordinator Karang Taruna Sinar Pelangi Baru Desa Batahan I tahun 1998 – 2005 yang Ketuanya waktu itu Almarhum Hitler Rambe.
2. Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) tahun 2004 – 2009.
3. Kepala Desa Terpilih periode 2017 – 2023.
4. Ketua KUD P Bina Mufakat Terpilih Desa Batahan I 2018 – 2021.
5. Terpilih kembali menjadi Ketua KUD P Bina Mufakat Baru periode 2022 – 2027. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments