Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPemerintahLembaga Adat Natal Audensi dengan Bupati dan Wabup Madina

Lembaga Adat Natal Audensi dengan Bupati dan Wabup Madina

Neracanews | Mandailing Natal – Lembaga Adat dan Budaya Ranah Nata (LABRN) yang di Ketuai oleh Ali Anafiah, SH melakukan audensi kepada Bupati Mandailing Natal HM. Jafar Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati Atika Azmi Utammi di Kompleks Kantor Bupati Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal, Desa Parbangunan Kecamatan Panyabungan, Kamis, 06/07/2023.

Dalam paparannya, Ketua Lembaga Adat Ali Anapiah menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang diakui responsibilitynya cukup baik menyikapi berbagai persoalan masyarakat, mulai dari mengatasi orang sakit hingga konplik perkebunan.

Ia juga mengakui kehadiran perusahaan perkebunan di Kecamatan Natal mampu menepis ketimpangan ekonomi justru meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, namun belum menjangkau semua lapisan masyarakat khususnya bagi kelompok masyarakat pesisir Natal yang semula adalah nelayan.

” Namun saat ini ada 9 desa di Kecamatan Natal yang warganya belum memiliki plasma, sehingga kami bermaksud meminta tolong kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati memfasilitasi agar warga kita nantinya mendapatkan pembagian plasma juga sehingga perekonomian nelayan bisa tumbuh lebih baik lagi”, tutupnya.

Disamping menceritakan plasma, Lembaga Adat Natal juga menyampaikan persoalan rencana diterbitkannya sebuah Perbup tentang adat budaya, kemudian terkait pohon mahoni milik pemerintah yang tumbang serta persoalan kemasyarakatan lainnya.

Bupati pada kesempatan tersebut menyampaikan aspirasi Lembaga Adat tentang konsep pembagian plasma yang berkeadilan cukup disahuti positif. Ia juga menjelaskan memberi dukungan agar masyarakat hanya 1 kali mendapatkan plasma sehingga berkeadilan bagi warga lainnya pada wilayah tersebut.

“Terimakasih masukannya, kami merasa ini adalah usulan yang cukup penting untuk disahuti karena menyangkut kehidupan masyarakat banyak, kami juga mendukung agar plasma itu dapat dibagi secara adil bagi masyarakat sehingga perekonomian tumbuh secara bersama pula”, sebutnya.

Terkait usulan Lembaga Adat, Sukhairi mengatakan akan meminta dinas terkait untuk segera melakukan identifikasi mana saja perusahaan yang belum merealisasikan plasma, identifikasi lahan serta intinya membantu agar warga kita merata memiliki plasma perkebunan di wilayah Kecamatan Natal tersebut”, ungkapnya.

Ia juga mengajak perusahaan perkebunan dan lembaga adat berkontribusi bagi peningkatan perekonomian masyarakat, menjaga situasi tetap kondusif serta membantu pemerintah merealisasikan program perekonomian dan pembangunan diantaranya merealisasikan agar keluarga kita mendapatkan plasma sebagaimana usulan dari Lembaga Adat Ranah Nata tersebut. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments