DAIRI  – Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online (Perkebbas) merupakan wujud pelayanan terpadu Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dairi untuk mewujudkan program Dairi Gerak Cepat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Deddy Situmorang dalam kegiatan kunjungan kerja Bupati Dairi di Desa Sumbari, Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kamis (2/3/2023).

Deddy menjelaskan Disdukcapil telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (dinkes) yang kemudian ditindaklanjuti oleh seluruh pusat kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Dairi.

“Jadi apabila ada ibu yang ingin bersalin di pusat kesehatan tersebut, sudah dapat memperoleh akminduk dengan cepat,” kata Deddy.

Pencetakan akminduk dapat dilakukan di pusat kesehatan masing-masing oleh petugas yang telah ditunjuk.

“Nanti petugas yang ditunjuk oleh puskesmas akan mengajukan permohonan melalui aplikasi perkebbas. Akan diverifikasi, disetujui dan diupload. Nantinya bisa di download oleh petugas kemudian dicetak dan diberikan kepada yang bersangkutan” kata Deddy menjelaskan.

Dokumen akminduk yang siap dilayani pada masing-masing pusat kesehatan yaitu Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. Sementara pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) dapat dilakukan di Disdukcapil atau pada saat pelaksanaan layanan jemput bola.

Deddy juga menjelaskan kemudahan ini merupakan wujud pelayanan perubahan di Kabupaten Dairi dalam memperoleh Akminduk secara cepat dan dapat dijangkau hingga ke desa-desa. (Nid)