Senin, Mei 6, 2024
BerandaDaerahForkopimda Karo Gelar Ramah Tamah Bersama Perintis dan Pejuang Kemerdekan

Forkopimda Karo Gelar Ramah Tamah Bersama Perintis dan Pejuang Kemerdekan

Karo – Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekan RI di Kabupaten Karo berlangsung sukses dan meriah dan disambut antusias oleh ribuan masyarakat yang tumpah ruah menyaksikan perayaan Kemerdekaan 17 Agustus 2023 dimulai pada pukul 09.45 WIB di Lapangan Bola Stadion Samura Kabanjahe dengan agenda upacara peringatan detik -detik proklamasi dimana teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Karo Iriani Tarigan dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang.

Upacara tersebut diikuti oleh unsur TNI/POLRI, ASN, para pelajar SMP dan SMA serta tim drumband/marchingband tidak ketinggalan barisan Bhineka Tunggal Ika dari masing-masing sekolah , Ormas dan seluruh masyarakat yang hadir, dilanjutkan dengan pawai keliling kota Kabanjahe oleh peserta upacara dan diterima oleh Forkopimda Kabupaten Karo di depan Rumah Dinas Bupati Karo.

Sebelum pelaksanaan upacara di Lapangan Bola Stadion Samura, seluruh ASN mengadakan apel peringatan HUT RI ke-78 pada pukul 07.30 WIB di kantor instansi masing-masing.

Setelah selesai upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Bola Samura rombongan Forkopimda menuju Rumah Tahanan Negara kelas II B Kabanjahe untuk memberikan remisi umum kepada 483 warga binaan Rutan Tahanan Negara kelas II B Kabanjahe. Pemberian remisi dilakukan secara simbolis oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang.

Selepas dari rutan, rombongan Forkopimda bergerak ke Rumah Dinas Bupati Karo untuk menerima rombongan pawai yang dilaksanakan di depan Rumah Dinas Bupati Karo, tampak Bupati Karo dan Wakil Bupati Karo serta seluruh unsur Forkopimda, anggota DPRD Karo, Sekdakab Karo, pimpinn OPD secara bergantian menerima peserta pawai.

Pada saat pawai rombongan SMA GBKP Kabanjahe tiba didepan panggung kehormatan tampak seluruh unsur Forkopimda turun dan ikut menari bersama.

Tampak juga Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting diarak oleh “Sisingaan” yang di bawa oleh peserta pawai “Wargi Sunda”. Ini menunjukkan keberagaman budaya di Kabupaten Karo.

Setelah penerimaan pawai selesai rombongan Forkopimda Karo bergerak menuju Lapangan Samura untuk mengikuti Upacara Penurunan Bendara Merah Putih yang dirangkai dengan penyerahan piagam/hadiah lomba dan Aubade. Sebagai inspektur upacara penurunan Bendera Merah Putih adalah Dandim 0205/TK, Letkol Inf. Benny Angga Ambar Suoro.

Pada malam hari sekitar pukul 19.30 WIB acara dilanjutkan dengan Ramah Tamah Forkopimda Kabupaten Karo bersama perintis dan pejuang kemerdekaan, LVRI, angkatan 45, Wredatama, Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat serta Paskibraka Kabupaten Karo yang sukses melaksanakan tugas Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo.

Dalam Perayaannya, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 harus dijadikan introspeksi dan evaluasi perjalanan bangsa.

Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 Tahun 2023 mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

“Tema perayaan kemerdekaan dinilai merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa Indonesia,” ucap bupati karo.

Ada yang menarik pada saat Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang memberikan penghargaan kepada salah satu masyarakat warga Desa Rumah Kabanjahe, yang bernama Freeogen Purba, dimana atas kesadaraanya sendiri dan bentuk kecintaan serta antusiasmenya menyambut HUT Kemerdekaan RI, Ia mengibarkan Bendera Merah Putih diatas Pohon Aren yang tumbuh di ladangnya , atas upayanya tersebut Bupati Karo mengucapkan rasa bangga dan terima kasih serta memberikan bingkisan kepada Bapak Freeogen Purba, sambil berharap semangat dan antusiasme Bapak Freeogen Purba dapat ditiru oleh masyarakat luas khususnya generasi muda bangsa.

Sebelumnya pada hari Rabu (16/08/2023) Pemerintah Kab. Karo menggelar kegiatan Pawai Obor/Taptu yang dimulai dari Lapangan Sekolah GBKP Kabanjahe yang di lepas oleh Kepala Kejaksaan Negeri Karo, Tri Sutrisno, SH,MH menuju depan Rumah Dinas Bupati Karo Jl. Veteran Kabanjahe yang disambut oleh Forkopimda Kab. Karo.

Meski hujan deras, ribuan masyarakat dan peserta pawai sangat antusias mengikuti dan menyaksikan pawai obor untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang dan Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting mengapresiasi dan bangga terhadap antusias masyarakat Kabupaten Karo, khususnya para pelajar SD, SMP dan SMA yang tetap semangat mengikuti pawai untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI, meski diguyur hujan lebat. (AS)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments