Jumat, Juni 21, 2024
BerandaDaerahBupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Bahas Agenda Pembangunan Bersama Deputi II KSP

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Bahas Agenda Pembangunan Bersama Deputi II KSP

Karo  – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang bertemu dengan Deputi II Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Abetnego Panca Putra Tarigan di Jakarta, Jumat (11/08/2023) kemarin.

Dalam kesempatan ini Bupati Karo yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Metehsa Karo-Karo serta Kepala Bappedalitbang, Nasib Sianturi menyampaikan kemajuan sejumlah agenda pembangunan di Kabupaten Karo antara lain, Pengembangan Pengembalaan Perjalangan Nodi, Lahan Usaha Pertanian Masyarakat Pengungsi Tahap 3 di Siosar serta pengembangan di Bidang Pendidikan dan Kesehatan.

Menurut Bupati Karo dalam waktu dekat akan dilakukan rapat lintas Kementerian dan Bappenas yang difasilitasi oleh Tim Deputi II KSP terkait pembangunan sejumlah sektor yang telah disampaikan oleh Bupati Karo.

Diketahui bahwa, Jumat 4 Agustus 2023 minggu lalu, Wakil bupati, Theopilus Ginting juga telah melakukan pertemuan dengan Deputi II Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Abetnego Panca Putra Tarigan.

Pada pertemuan tersebut Wakil Bupati menyampaikan sejumlah kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Karo terkait penyelesaian relokasi tahap 3.

Secara khusus wakil bupati mengungkapkan adanya kekurangan pendanaan sesuai Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana (R3P) yang telah disusun.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo mengatakan bahwa saat ini BPBD Provinsi Sumatera Utara sedang melakukan telaahan administrasi dan lapangan terkait proposal bantuan dana hibah untuk mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Sumatera Utara.

Meski demikian dalam rangka percepatan, maka Pemerintah Kabupaten Karo berinisiatif untuk meminta saran dan petunjuk terkait langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mempercepat koordinasi penyelesaian Relokasi Tahap 3 tersebut.

Pada saat itu, Deputi II KSP menegaskan bahwa harus ada strategi khusus dalam penyelesaian penanganan pascabencana Erupsi Gunung Sinabung dikarenakan kendala koordinasi pembiayaan bidang bencana sering terjadi. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments