Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPemerintahBupati Karo Cory Sebayang Terima Audiensi Tim Film Perik Sidua-dua

Bupati Karo Cory Sebayang Terima Audiensi Tim Film Perik Sidua-dua

Karo – Lagu karo Perik Sidua-Dua, yang diciptakan oleh Rahmatsys Barus, merupakan lagu lawas yang diidentikkan sebagai lagu pernikahan dalam adat Karo, yang sempat di populerkan oleh Penyanyi legendaris, almarhum Bahagia Surbakti, serta telah banyak dinyanyikan oleh penyanyi Karo lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyambut kunjungan team dari Gegegeh Persada Film yang memproduksi film Perik Sidua-dua di Kantor Bupati Karo, Senin (23/10/2023).

Gegeh Persada Film mengangkat sebuah kisah perjuangan perempuan karo meraih cita-cita yang berlatar belakang di kawasan Karo Volcano Park dan Geopark Kaldera Toba.

Dimana, Film Perik Sidua-dua yang merupakan karya perdananya, dengan mengangkat kearifan budaya lokal Karo yang dikemas dengan perkembangan kehidupan modern mengenalkan ekosistem geokultur wisata karo.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyambut baik atas kunjungan ini, dan mendukung penuh dalam memproduksi film yang melibatkan talenta-talenta masyarakat Karo.

“Kita sangat mengapresiasi dan mendukung penuh film Perik Sidua-dua, dimana lirik lagu tersebut, cukup enak didengar dan dijadikan menjadi sebuah film yang membahas keragaman tradisi dan budaya karo, ini merupakan salah satu potensi yang dapat menciptakan peluang pendapatan ekonomi melalui karya film sekaligus mempromosikan destinasi wisata Tanah Karo”pungkas bupati.

Usai audensi, Tim promo dan marketing, Moses Pinem didampingi Murniati Kembaren (ornamen Karo), menyampaikan, bahwa Bupati Karo ibu Cory Sebayang mendukung penuh suksesi pemutaran perdana film Perik sidua dua di Kota Kembang Bandung pada tgl 28 okt 2023 di Ciwalk XXI Bandung, dengan aktris Hanna Br Kaban dan Aktor Max

Untuk itu, Moses Pinem mengajak masyarakat Karo hususnya untuk mendukung product anak-anak Milenial Karo dalam berkarya di tingkat Nasional.

Gala Premier Film Perik Sidua-dua akan dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2023, pukul 13.00 Wib di Ciwalk XXI, Bandung. Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk menonton film Perik Sidua-dua, dimana film ini mengangkat kearifan lokal karo yang dikemas dengan perkembangan kehidupan modern mengenalkan ekosistem geokultur wisata karo.

Berikut Lirik Lagu Perik Sidua-Dua

Adina banci turang kusayangi
Seperpanganen min pagi ateku kita
Seperukuren seperarihen kita duana
Bagi perik sidua-dua
Teridah sada teridah bage duana

Adina banci turang morah ate
Sepenggejapen min pagi ateku kita
Sepengodak sepengole kita duana
Bagi kerbo sada nioga
Kuja sada kuje bage duana

Lawes kin pe aku
Kudatas uruk meganjang
Kenang man tatapenku agingku
Lawes kin pe aku
Ndalani dalan singgedang
Kenang man daramenku mesayang

Emaka turiken dage ukurndu
Ula lasamken ateku keleng e
Kenang si kuarapken
Ngurah-ngurahi pusuh parang sintua.

(As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments