Jumat, Maret 29, 2024
BerandaPemerintahWakil Bupati Karo Theopilus Ginting Laksanakan Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan...

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting Laksanakan Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Kabanjahe – Pemerintah Kabupaten Karo bersama Forkopimda menggelar Apel Pasukan dalam Rangka Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Karo, dilaksanakan di Halaman Apel Mapolres Tanah Karo, Jumat (12/08/2022).

Apel Pasukan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting. Dalam amanatnya disampaikan bahwa beberapa hari kemarin telah terjadi kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Samosir yang mengakibatkan beberapa wilayah mengalami kabut asap. Kita perlu waspada untuk mencegah karhutla karena saat ini Musim kemarau sedang terjadi.

“Saya menyadari bahwa upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan ini bukanlah hal yang mudah, banyak faktor penyebab kebakaran hutan di Indonesia diantaranya faktor alam dan faktor manusia baik yang dilakukan dengan sengaja, kelalaian ataupun kerena motif ekonomi seperti untuk membuka lahan”, ungkap wakil bupati.
“Untuk itu kita bersama-sama ikut menjaga dan menanggulanginya”, lanjut wakil bupati.

Ada beberapa poin yang perlu dipedomani dan dilaksanakan, disampaikan oleh wakil bupati karo antara lain; melakukan patroli secara rutin untuk mengecek sarana dan prasarana penanggulangan Karhutla, memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemetaan dan monitoring di area rawan terjadinya Karhutla dan berdayakan potensi masyarakat serta perusahaan dengan membentuk regu pengendalian kebakaran hutan yang bertugas melakukan patroli dan pemadaman api.

Apel ini dihadiri oleh, Kapolres Karo, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar, Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga Ambar Suoro, Kalak BPBD Karo, Juspri Nadeak, Kasatpol PP Karo, Gelora Fajar Purba dan tamu undangan lainnya. (Afs)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments