Jumat, April 19, 2024
BerandaPemerintahWakil Bupati Karo Theopilus Ginting Hadiri Penggalangan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting Hadiri Penggalangan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Karo – Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting selaku Ketua Pembina TP. PKK Kabupaten Karo, hadiri penggalangan komitmen dalam rangka pelaksanaan deteksi dini kanker leher rahim dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asetat) test tingkat Kecamatan Tigabinanga bertempat di aula Kantor Camat Tigabinanga, Rabu (15/03/2023).

Dalam arahannya dan bimbingannya, Wakil Bupati menyampaikan apresiasi kepada kader PKK di tingkat kecamatan dan desa yang telah bersama-sama mendukung pelaksanaan IVA test.

Seperti diketahui, kanker serviks merupakan kanker terbanyak yang diderita oleh perempuan di Indonesia. Kanker ini berawal dari tumor ganas yang mengenai leher rahim dan disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Leher rahim yang terpapar virus HPV berpotensi menjadi kanker dalam waktu 3-17 tahun jika tidak dilakukan tindakan pencegahan.

Deteksi dini terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan Tes IVA ( Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yang merupakan pemeriksaan skrining kanker serviks dengan pemberian asam asetat atau asam cuka pada leher rahim selama 1 menit.

Pemberian asam asetat ini merupakan metode mudah dan murah namun memiliki tingkat akurasi tinggi untuk menyimpulkan hasil pemeriksaan IVA negatif (normal) atau positif (ada lesi pra kanker).

Dalam durasi 60 detik, hasil pemeriksaan akan diketahui jika ada kelainan, yaitu munculnya plak putih pada serviks yang perlu diwaspadai sebagai luka pra kanker. Idealnya, skrining pada wanita usia 35 – 40 tahun wajib dilakukan setiap 3 tahun sekali. Sedangkan bagi wanita yang belum menikah, sangat dianjurkan untuk melakukan vaksin HPV terlebih dahulu.

Sebagai bentuk komitmen, Wakil Bupati beserta Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Vera Rika Theopilus Ginting, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Karo, Data Martina Ginting, AP, MSi diikuti Forkopimcam membubuhkan tanda tangan di spanduk warna putih yang ditempelkan di dinding aula Kantor Camat Tigabinanga sebagai bentuk dukungan.

Theopilus Ginting juga memotivasi dan mendorong kader PKK di tingkat kecamatan dan desa yang telah bersama-sama mendukung pelaksanaan IVA test tetap semangat berkarya dan menjaga kesehatan.

Usai acara, Wakil Bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Desa Pola Tebu Kecamatan Kutabuluh dalam rangka pembinaan desa percontohan kategori Aku Hatinya PKK.

Pada kesempatan ini, Theopilus Ginting didampingi sejumlah perwakilan Perangkat Daerah menyampaikan harapannya agar seluruh elemen masyarakat Desa Pola Tebu tetap menjaga komitmen dan semangat kebersamaan dalam mengikuti lomba desa percontohan kategori Aku Hatinya PKK.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Vera Rika Theopilus Ginting, menyampaikan rasa bangganya melihat antusias warga Desa Pola Tebu yang tinggi dalam mengikuti program Aku Hatinya PKK.

Dirinya juga berharap Desa Pola Tebu dapat meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi setelah tahun sebelumnya Desa Kuta Galuh menjadi juara satu di Tingkat Provinsi Sumatera Utara. (Afs)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments