Tukar Sampah

Neracanews | Mandailing Natal – Event Madina Expo Ekonomi Kreatif, UMKM, dan IKM berlangsung semarak di pelataran parkir Masjid Agung Nur Ala Nur, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Jumat (12/8/2022).

Sejumlah stan pada pameran untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI itu menampilkan beragam produk unggulan dan khas Mandailing Natal. Bahkan, stan binaan Dinas Lingkungan Hidup Madina bekerja sama dengan bank sampah masjid me-launching program timbang sampah dengan beras. Program ini dimulai sejak stan Madina Expo Ekonomi Kreatif dibuka.

Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution meninjau sejumlah stan di pameran yang menampilkan berbagai makanan dan minuman khas Mandailing serta produk kerajinan tangan.

Dalam kesempatan itu, Sukhairi mengapresiasi program tukar sampah dengan beras yang diadakan stan binaan Dinas Lingkungan Hidup Madina. Menurut dia, program ini merupakan langkah menanggulangi sampah di Kabupaten Madina.

“Saya mengajak masyarakat mengumpulkan sampah plastik dan kardus sebanyak satu kilogram, kemudian ditukarkan dengan tiga kilogram beras. Ini merupakan kompensasi kita kepada masyarakat,” katanya.

Sampah yang terkumpul nantinya akan akan dijadikan berbagai kerajinan tagan seperti hiasan rumah, lapping block, dan lainnya.
Hasil pengolahan sampah ini juga bisa meningkatkan ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat dengan mengolah sampah plastik. (Hem Surbakti)