Muda

Neracanews | Mandailing Natal – Hati siapa yang tidak akan bangga melihat buah hatinya dalam usia yang relatif muda sudah menyelesaikan studi hingga jenjang Magister (Strata II). Salah satunya adalah sosok putri dari Pantai Barat Mandailing Natal, tepatnya Kecamatan Natal, Kab. Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Dialah Gustian Pratiwi, putri kelahiran Natal, buah hati pasangan Bapak Hari Riansyah dan Ibu Hilda Syari.

Anak pertama dari Lima bersaudara ini menyelesaikan studi program Magister Kenotariatan (Strata II) pada Universitas Indonesia (UI) di Jakarta. Gustian Pratiwi, gadis kelahiran 18 Nopember 1996 ini menyelesaikan S1 nya terlebih dahulu di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Internasional dengan predikat Cumlaude pada IPK : 3, 71 di tahun 2018.

Sempat istirahat setahun, namun tidak menyurutkan niat sang dara kelahiran Natal ini untuk kembali menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi.

Alhasil berkat kegigihannya, putri dari Guru SMK Negeri 1 Natal ini berhasil menamatkan studinya dibidang Magister Kenotariatan dengan nilai memuaskan IPK : 3, 43 dalam rentang waktu 3 Semester pada tanggal 19 Januari 2021. Namun berhubung pandemi Covid-19 melanda negeri, maka acara wisuda ditunda hingga September 2021.

Sekilas profil dari Gustian Pratiwi :
– Menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri 358 Natal
– Menamatkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 1 Natal
– Sempat bersekolah di MAN 2 Madina namun ditahun 2013 pindah ke MAN 2 Model di Kota Medan hingga tamat di tahun 2014
– Menamatkan pendidikan Strata 1 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan predikat Cumlaude di tahun 2018.
– Di tahun 2019 lulus seleksi untuk masuk program Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI) hingga selesai di awal tahun 2021.

Menurut penuturan orangtuanya (22/9/2022), Gustian Pratiwi pada tahun 2015 mendapatkan peluang dalam program pertukaran mahasiswi ke Istanbul, Turki. Namun dirasa jauh dan tidak mendapat restu untuk mengikuti program tersebut.

Lebih lanjut, Ibu Hilda menceritakan putrinya tersebut pernah juga diusulkan untuk mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, tetapi karena pergantian Bupati dan Wakil Bupati di tahun politik tersebut maka pengusulan Beasiswa kandas.

Saat ini Gustian Pratiwi sedang magang pada salah satu Kantor PPAT di Yogyakarta untuk memperluas wawasannya dalam berkarir di bidang Kenotariatan. (Hem Surbakti)