Jumat, Maret 29, 2024
BerandaPemerintahSandiaga Uno di Acara Rakornas Perpusnas: Dairi Terkenal dengan Kopi, Ulos Silalahi,...

Sandiaga Uno di Acara Rakornas Perpusnas: Dairi Terkenal dengan Kopi, Ulos Silalahi, dan Story Telling Kampung Ulos Silalahi

DAIRI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi 2 produk unggulan Kabupaten Dairi dalam acara Rakornas Bidang Perpustakaan Nasional Tahun 2023 di Pullman Hotel Jakarta, Senin (6/3/2023).

Sandiaga mengatakan, kopi Sidikalang enak dan tenun Silahisabungan sangat terkenal.

“Kabupaten Dairi sangat terkenal dengan kopi dan ulosnya,” kata Sandiaga Uno saat menyapa peserta Rakornas melalui Daring.

Tak hanya soal kopi Sidikalang, di depan peserta Rakornas, Sandiaga menjelaskan soal story telling kapung ulos di Kabupaten Dairi.

“Itu kita mendengar para wisatawan mendapatkan informasi berdasarkan cerita dari awal sampai akhir”.

“Saya juga mendengar cerita tentang sebuah sumber udara, di mana raja pertama kali berhenti dan mendapatkan udara, lalu minum dan menjadi penguat untuk terus melakukan perjalanan,” katanya.

Menurut Sandiaga, cerita seperti inilah harusnya kita dokumentasikan, kita bukukan, terbitkan dan perpustakaan bisa menyampaikan story telling dari cerita-cerita daerah yang sangat menarik di situ khususnya untuk kunjungan wisatawan.

“Cerita-cerita ini harus kita gali dan terbitkan. Semangat terus untuk pengembangan literasi masyarakat,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui Sandiaga Uno menjadi narasumber dalam acara Rakornas Bidang Perpustakaan Nasional tahun 2023. Selain Sandiaga, Bupati Dairi Eddy Berutu menjadi narasumber. Bupati Dairi membawakan materi ‘Implementasi urusan perpustakaan di Kabupaten Dairi. (Nid)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments