Jumat, Maret 29, 2024
BerandaUncategorizedPerdana Dilantik Se-Indonesia, SPI Sumatera Utara Kembangkan Roda-roda Organisasi

Perdana Dilantik Se-Indonesia, SPI Sumatera Utara Kembangkan Roda-roda Organisasi

Medan – Hampir 2 Tahun Solidaritas Pers Indonesia (SPI) berkembang di Negara ini, namun baru DPW SPI Provinsi Sumatera Utara berhasil menerima tongkat sakral dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Pelantikan DPW SPI Sumatera Utara berlangsung di Gedung Angkola, Jl. Cangkir No.10, Sei Putih Tengah, Kec. Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara, Kamis (29/09/2022) siang.

Ketua Umum SPI, Suriani Siboro menjelaskan berdirinya SPI berawal adanya kriminalisasi pers di Kota Pekanbaru, dimana saat itu dirinya dan para aktivis Pers lainnya mengadakan suatu gerakan moral (aksi damai) baik di Pekanbaru maupun di beberapa Instansi/Lembaga di Jakarta.

” Hampir berjalan 2 tahun kejadian tersebut. Sekarang SPI sudah berdiri di 12 Provinsi, 4 diantaranya dalam penyusunan struktur dan kurang lebih 90 wilayah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang telah dibentuk, dengan total kurang lebih 250 media Partners yang tergabung di SPI,” ungkap Suriani.

Dikesempatan tersebut Suriani mengharapkan DPW SPI Sumut dapat mengibarkan Bendera SPI di Kab/Kota se-Sumatera Utara.

” Kibarkan bendera SPI di seluruh pelosok Sumut. Bekerjalah dengan tetap mengedepankan UU Pers tahun 1999 dan Kode Etik. Jurnalistik (KEJ), menghindari pemberitaan Hoax, SARA, serta yang berpotensi dapat memecah belah persatuan bangsa. Lalu, bermitra dengan Pemerintah, stakeholder lainnya, tapi tetap mengatakan suatu kebenaran jika itu benar dan sebaliknya,” tutur Suriani.

Sementara itu, Ketua DPW SPI Provinsi Sumatera Utara, Pardamean Napitupulu usai menerima Bendera Pataka dan SK DPW SPI Sumatera Utara, berjanji akan mengibarkan bendera SPI di seluruh wilayah Sumut.

Pardamean juga mengharapkan DPP SPI selalu memberikan arahan, masukan, agar program yang akan dijalankan DPW Sumut dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Hal senada disampaikan Ketua DPD Pak-pak Barat, Pildo Juniper Sinamo.

” Kami dari DPD SPI Pak-pak Barat mengharapkan support dari DPP, DPW agar kami dapat mengibarkan bendera SPI di seluruh wilayah Pakpak Bharat yang merupakan wilayah pemekaran Kab. Dairi,” ucap Pildo usai menerima Bendera Pataka dan SK Kepengurusan DPD Pak-pak Barat yang didampingi Sekretaris, Agus Refianus Padang, Bendahara, Alpentino Sihombing dari Ketua DPW SPI Sumut.

Tak lupa Pildo juga menitipkan salam hangat dari Bupati Pakpak Bharat untuk keluarga besar SPI.

Walikota Medan diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arahman Pane, S.Stp dalam sambutannya mengapresiasi hadirnya SPI di Kota Medan.

Beliau juga sangat mendukung langkah SPI dalam memfilter berita mana yang harus ditayangkan dan yang tidak. Terutama berita-berita yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia. Begitu juga berita-berita hoax yang berimbas dapat mengganggu program-pembangunan di Sumatera Utara.

Sementara itu, Kapolrestabes Medan yang diwakili AKBP Drs. Effendy, mengatakan, Wartawan merupakan salah satu Mitra Polri. Berita-berita yang disajikan wartawan sedikit banyaknya dapat membentuk penilaian masyarakat terhadap apa yang diberitakan.

Ia mencontohkan, ketika Polri dilanda kasus Sambo dan media ramai-ramai memberitakan, masyarakat menilai bahwa Polri itu kinerjanya buruk, sehingga capaian kinerja Polri ada pada angka sekitar 45%. Akan tetapi sekarang ini, kepercayaan publik terhadap Polri telah naik kembali sekitar 78%. Hal ini bisa terjadi dengan gencarnya pemberitaan bahwa kasus yang melibatkan Oknum Polri ditangani dengan transparan.

Terbentuknya DPW SPI Sumut juga disyukuri Kepala Lingkungan di mana Sekretariat DPW melaksanakan aktivitasnya.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya SPI di lingkungan kami. Pasalnya, kami punya wadah (SPI-red) untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan maupun aspirasi kami yang kedepannya akan lebih cepat diketahui pemerintah,” ungkap Burgernya Marpaung, Kepala Lingkungan di Petisah Tengah ,Medan.

Darmayani, Perwakilan Organisasi Pers, Aliansi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) juga mengapresiasi kehadiran SPI. Kedepan, diharapkan SPI dapat menjadi berbaur dengan organisasi pers lainnya di Kota Medan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum SPI, Suriani Siboro beserta jajaran DPP SPI, Kapolresta Kota Medan yang diwakili Humas Polresta Kota Medan, AKBP Drs. Effendy, Walikota Medan yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arahman Pane, S.Stp, Rekan-rekan Wartawan Kota Medan serta tamu undangan lainnya.

Berikut nama-nama Pengurus DPW SPI Sumut dan Pakpak Bharat yang dilantik.

Pembina:
1. Pendeta I Wayan Sura
2. Pendeta Beatus Munthe
3. Pendeta Johan Adjuan

Penasehat:
1. Ustadz Martono
2. Romo Kok Hong
3. Pendeta Hulman Tinambunan

Penasehat Hukum :
Parlindungan Siagian, S.H

Pengurus DPW SPI Provinsi Sumatera Utara

Ketua : Pardamean Napitupulu

Sekretaris : Deddy bangun

Bendahara : Dewi Febriana Purba

Bidang-bidang

Bidang Organisasi Kelembagaan dan Pembinaan Daerah
Koordinator : Joni Barus

Bidang Pemantau Pendidikan
Koordinator : Bahren Rambe

Bidang Kerjasama dan Kemitraan
Koordinator : Vetien C Purba

Bidang Usaha
Koordinator : Erianto ButarButar

Bidang Pemerintahan
Koordinator : Romulusi Napitupulu

Bidang Humas dan Sosial
Koordinator : Jonson Napitupulu

Bidang Srikandi
Koordinator : Eka Wardani

DPD Pak-pak Barat
Ketua : Pildo Juniper Sinamo
Sekretaris : Agus Refianus Padang
Bendahara : Alpentino Sihombing.
(As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments