Jumat, Maret 29, 2024
BerandaPemerintahPemkab Madina Hadiri Pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ke 8 Tahun...

Pemkab Madina Hadiri Pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ke 8 Tahun 2022 di Parapat

Neracanews | Mandailing Natal – Diskominfo, Ketua Dekranasda Madina Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution menghadiri pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara (Sumut) ke-8 tahun 2022 di Open Stage Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Rabu (27/7/2022).

Pekan inovasi dan investasi berlangsung selama tiga hari 27-29 Juli 2022 itu secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumut diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Ir Arief Sudarto Tri Nugroho MT, ditandai dengan pemukulan gondang.

Secara bersama-sama pemukulan gorang juga dilakukan antara lain Wakil Bupati Simalungun, Danrem 022/PT Kolonel Inf Lukman Arif, Bupati Labura Hendriyanto Sitorus, Dandim 0207/SML Letkol Inf Handrianus Yossy, Kajari Simalungun Bobby Sandri, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, Deputi Direksi Wilayah Sumut II Dr Mariamah.

Giat pekan inovasi dan Investasi ini diikuti oleh 70 peserta terdiri Kementerian, Pemprovsu, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN dan BUMD, Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, Perbankan, Pelaku Usaha di luar instansi.

Ketua Panitia Husrinal menyampaikan, pekan inovasi dan investasi mengangkat tema Kemitraan Investor dan UMKM mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

Selain itu, pada kegiatan itu juga ditampilkan berbagai kegiatan dan hiburan.

Pemkab Madina

Kabupaten Madina ikut serta menampilkan produk UMKM, IKM dan Ekraf di booth Pemkab Madina termasuk layanan jasa RSUD berupa inovasi dan Sijeges, Ro Ma dll.

Selain itu, Pemkab Madina ikut serta dalam pameran inovasi dan investasi. Pameran busana daerah Dekranasda se-Sumut. Terakhir, Pemkab Madina berperan dalam mengisi panggung seni budaya nusantara.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) diwakili Asisten Ekbang dalam sambutannya menyampaikan, pekan inovasi dan investasi Sumatera Utara pertama kali dilakukan di luar Kota Medan yang sudah 7 kali dilaksanakan.

“Jadi yang ke 8 ini dilaksanakan di Kota Parapat dan kemungkinan juga akan dilaksanakan di Kabupaten/kota lainnya untuk memperkenalkan produk UMK dan UMKM,” kata Arief.

Dari tema pada kegiatan pekan inovasi dan investasi, Arief mengatakan ada dua hal yang diangkat yaitu kemitraan UMK dan pertumbuhan ekonomi.

“Pada masa pandemi kemarin pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah mengalami kontraksi/penurunan termasuk di Sumatera Utara, namun pada pertumbuhan ekonomi terakhir ini mengalami hal positif, sudah tumbuh, namun tingkat inflasi masih lebih tinggi,” kata Arief.

Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk pertumbuhan ekonomi ini agar lebih meningkat lagi dan juga inflasi dapat dikendalikan.

“Kemitraan UMKM ini adalah salah satunya mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Arief

Hadir juga pada acara tersebut, Direktur RSUD Panyabungan, Kadis Pariwisata, dan Kabid Industri Dinas Perdagangan.
(Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments