Senin, Juni 24, 2024
BerandaPemerintahMaksimalkan Pembangunan di Dairi, Bupati Eddy Usulkan Langsung ke Pemerintah Pusat

Maksimalkan Pembangunan di Dairi, Bupati Eddy Usulkan Langsung ke Pemerintah Pusat

DAIRI  – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berencana untuk membangun jalan penghubung antar desa di Kecamatan Tanah Pinem menggunakan aspal hotmix. Rencana ini kemudian telah diusulkan ke Presiden RI Joko Widodo melalui kementerian terkait.

Demikian disampaikannya dalam kunjungan kerja (kunker) ke Desa Lau Njuhar I, Kecamatan Tanah Pinem, Rabu (31/1/2024).

“Kita rencanakan semuanya menggunakan aspal hotmix. Jalan Hotmix yang dibangun ini langsung ditandatangani oleh presiden. Dan sedang kita usulkan ke presiden. Kita sudah rekomendasi ke pusat. Saya sampaikan inilah komitmen saya,” ucap Eddy Berutu.

Menurut Eddy Berutu, infrastruktur di daerah Lau Njuhar I dan sekitanya masih jauh dari harapan. Maka dari itu, kunker tersebut juga bertujuan untuk mengkonfirmasi kepada jajaran kecamatan, desa, dan masyarakat tentang tempat yang akan diperbaiki lebih dulu.

“Jadi pembangunan yang tertunda selama 10-20 tahun itu membutuhkan waktu dan uang besar untuk menyelesaikan sekaligus. Jadi kita mengambil prioritas, yang mana kira-kira lebih dulu kita selesaikan,” katanya.

Sebelumnya, ucap Eddy, Pemerintah Kabupaten Dairi sudah memperbaiki jalan lintas ke kabupaten menggunakan aspal hotmix.

“Sesuai komitmen kita bersama, perbaikan ini akan dilakukan secara bertahap dan diharapkan tuntas pada tahun ini. Nantinya, jalan-jalan ini dapat mengurangi biaya logistik sehingga profit yang diterima lebih besar dan terciptalah kesejahteraan,” ucapnya.

Karena itu, kata Eddy Berutu, masyarakat juga diharapkan dapat menjaga dan memelihara jalan-jalan yang sudah ada.

“Jangan ada jalan-jalan yang terendam, selokan-selokan yang tersumbat, sehingga jalan-jalan itu bisa berusia hingga 4-5 tahun. Kalau kita bangun bertahap, akan ada masa dimana kita bisa menikmati keseluruhan jalan-jalan ini. Tapi kalau belum sampai setahun jalan ini sudah rusak, kita jadi bolak-balik memperbaiki jalan ini. Jadi setelah kami bangun, akan kami serahkan ke masyarakat untuk sering gotong royong membersihkan dan merawat jalan itu,” tuturnya.

Di akhir sambutannya, Eddy juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi sudah menyediakan anggaran lebih kurang 2.5 miliar untuk pemasangan sambungan air ke rumah-rumah warga di Kecamatan Tanah Pinem.

“Ini juga menjadi salah satu fokus kita guna menciptakan SDM berkualitas dimasa mendatang. Air bersih harus kita perhatikan, sehingga stunting bisa kita kikis dari Kecamatan Tanah Pinem melalui terciptanya sanitasi yang bersih dan sehat,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Eddy Berutu juga menyerahkan bantuan sembako kepada keluarga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) serta bantuan susu dan makanan tambahan kepada bayi berusia di bawah dua tahun. (As)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments