Senin, Mei 27, 2024
BerandaPendidikanKepala Sekolah Se-Pantai Barat Mandailing Natal Keluhkan Dugaan Belanja di Luar Nalar

Kepala Sekolah Se-Pantai Barat Mandailing Natal Keluhkan Dugaan Belanja di Luar Nalar

Neraca News | Mandailing Natal – Kepala Sekolah (Kepsek) di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Pantai Barat, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara mengeluhkan dugaan arahan yang terkesan pemaksaan dari Dinas Pendidikan melalui Manajer BOS dinilai diluar nalar.

Pasalnya menurut salah satu Kepala Sekolah di wilayah Pantai Barat yang tidak ingin dipublikasi namanya menyebutkan, Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Manajer BOS melakukan pertemuan di SD Negeri 364 Panggautan pada 17 Maret 2023, Kecamatan Natal. Pertemuan dengan para Kepsek SD dan SMP diduga kuat untuk memuluskan item pembelanjaan BOS Tahun 2023.

Lebih lanjut dirinya (Kasek-red) mengatakan pada awak media, Senin (17/04/2023) beberapa item yang dirasa cukup menyulitkan dan meminuskan taksasi di aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) diantaranya :

  1. Tes IQ dengan biaya Rp125.000 per siswa;

  2. Pembelian Laptop Charging cabinet seharga Rp. 13.000.000,-

  3. Pengembangan PTK sebesar Rp. 3.000.000,-

  4. Pengadaan buku Ramadhan. (Hingga di penghujung Ramadhan belum juga sampai);

5.Pembelian alat Rebana sebesar Rp. 9.000.000,-

  1. Pengadaan naskah soal ujian semester melalui Dinas Pendidikan.

Perihal ini tentu saja bertentangan dengan regulasi Bos terbaru, dimana seharusnya pembelanjaan sekolah itu berdasarkan kepada kebutuhan sekolah melalui Rapor Mutu Pendidikan yang diperoleh dari Assessment oleh setiap satuan pendidikan.

Diakhir penyampaiannya dirinya menuturkan bagi Kepala Sekolah yang membangkang diancam akan dicopot dari jabatannya, bila tidak memasukkan item-item tersebut ke dalam belanja Bos tahun 2023 ini.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Dollar Hafrianto ketika dicoba dihubungi via WA di nomor 0821-6002-3xxx mengenai kebenaran hal yang disampaikan salah satu Kepala Sekolah di wilayah Pantai Barat Mandailing Natal, hanya tanda ceklis satu. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments