Selasa, Juli 23, 2024
BerandaPemerintahJumlah Pengunjung di LPKA Palu Meningkat pada Hari Raya Idul Adha 1445...

Jumlah Pengunjung di LPKA Palu Meningkat pada Hari Raya Idul Adha 1445 H

Palu – Jumlah pengunjung di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu cenderung meningkat pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Selasa, (18/6/2024). Di momen lebaran ini, LPKA Palu tetap membuka layanan kunjungan hari kedua untuk mengobati rasa rindu anak binaan bersama keluarga.

Berdasarkan data yang tercatat hingga hari ini, ada sebanyak 16 keluarga anak binaan yang berkunjung. Dengan rincian Laki-Laki dewasa 4 orang, Perempuan dewasa 10 orang dan anak-anak 2 orang. Sedangkan, anak binaan dikunjungi ada sebanyak 8 orang.

Beberapa dari anak binaan juga tidak menerima layanan kunjungan tatap muka. Mengantisipasi hal tersebut, LPKA Palu menyiapakan Layanan Kunjungan Virtual (Kurtal) melalui mekanisme video call.

“Dari jumlah 15 anak binaan, hanya 8 anak yang menerima kunjungan secara langsung. Untuk anak binaan lainnya di sebabkan karena beberapa faktor, salah satunya, jarak yang cukup jauh dijangkau dari pihak keluarga. Maka dari itu, kita di LPKA Palu menyediakan layanan kurtal,” jelas Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun

Pelaksanaan Kunjungan lebaran ini diberikan waktu tambahan hingga siang hari, sedangkan waktu pelaksanaannya diberikan waktu 30 menit bagi anak binaan dan keluarga untuk melepas kerinduan.

Dalam proses pendaftaran, LPKA Palu menerapkan nomor antrian agar terciptanya lingkungan yang tertib dan kondusif.

“Layanan Kunjungan di LPKA Palu biasanya dari pukul 08.00 – 11.00 Wita. Namun dihari lebaran ini kita membukanya lebih lama lagi, ini merupakan komitmen kita dalam memberikan kesempatan bagi pihak keluarga untuk bertemu para anak binaan,” tegas Revanda

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menyampaikan, layanan kunjungan di hari raya merupakan momentum yang sangat penting bagi seluruh warga binaan dan anak binaan untuk bertemu dengan keluarga.

Kakanwil Hermansyah berharap agar seluruh para petugas Pemasyarakatan yang ada di Lapas/Rutan/LPKA dapat memberikan pelayanan yang harmonis dengan menerapkan salam, senyum dan sapa.

“Walaupun ada lonjakan jumlah pengunjung, mari bersama wujudkan lingkungan Lapas/Rutan/LPKA tetap aman dan tertib. Selamat berkumpul bersama keluarga di momen kemenangan ini,” pungkas Kakanwil Hermansyah

Dengan adanya upaya pengamanan dan pengawasan yang ketat dari Petugas, diharapkan pelaksanaan lebaran di dalam LPKA Palu kali ini dapat berjalan lancar dan memberikan kesan yang baik bagi semua pihak yang terlibat.(Rel)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments