Gubernus Sumsel
Palembang, – Guna menindaklanjuti SK Mendagri No 131.1.6/2022, Gubernur Sumsel H Herman Deru, secara resmi melantik Drs Apriyadi, M.Si., menjadi Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) tahun 2022, di Griya Agung Palembang, Senin (30/5/2022).

Gubernur Sumsel H Herman Deru langsung memberikan tugas prioritas bagi Pj Bupati Muba Drs Apriyadi, M.Si., usai diambil sumpah jabatannya.

“Kepada saudara Apriyadi yang telah dilantik, saya berikan tugas untuk bisa diselesaikan. Karena adanya permohonan masyarakat dari 137 desa untuk sambungan listrik, dimana selama ini dikelola oleh BUMD bisa dialihkan ke jaringan resmi PLN. Lalu, terkait penurunan angka kemiskinan. Sebab Muba sendiri salah satu daerah yang datanya mempengaruhi angka ditingkat provinsi,“ kata Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Sementara itu, Pj Bupati Muba Drs Apriyadi, M.Si., sekaligus Ketua Umum Forum Sekretaris Daerah Indonesia (Forsesdasi) Komwil Sumsel ini menegaskan, persoalan listrik itu merupakan peralihan dari pengelolaan PT MEP (BUMD Muba) ke PLN di beberapa Kecamatan Muba dan akan dituntaskan dalam waktu dekat sesuai arahan dari Gubernur Sumsel H Herman Deru.

“Jadi ada 51.000 pelanggan MEP di Muba akan dialihkan menjadi pelanggan PLN, termasuk aset PT MEP juga dialihkan ke PLN. Pak Gubernur sangat konsen dengan persoalan listrik ini, bahkan beliau juga menyampaikan jika ada kekurangan segera diusulkan sehingga nanti bisa dibantu dengan dana bantuan gubernur,” tegas Apriyadi.

Dia menambahkan, setelah proses pelantikan Pj Bupati Muba, dirinya akan langsung ke Kabupaten Muba guna melantik Pj Sekda Muba.

“Jadi malam ini juga Pj Sekda Muba Musni Wijaya sebagaimana usulan saya ke pak Gubernur langsung dilantik. Tujuannya untuk mempercepat akselerasi roda pemerintahan di Muba,” ulasnya.

Sementara itu, GM PT PLN Wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu Bambang Dwiyanto menegaskan secara bertahap akan bekerja maksimal menuntaskan peralihan listrik di Kabupaten Muba.

“Kita segera menurunkan tim kajian untuk membuat roadmap peralihan pelanggan MEP ke PLN,” tandasnya.

Pelantikan dihadiri ratusan tamu undangan yang sangat mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Tak hanya Apriyadi, Hj Asna Aini, sang istri juga dilantik oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru untuk menjadi Ketua TP PKK Kabupaten Muba. (Berry)