Sumpah pemuda

Karo – Pemerintah Daerah Kabupaten Karo bersama jajaran Forkopimda melaksanakan Upacara Bendera dalam mengumumkan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94, tahun 2022, dengan mengangkat tema “Bersatu Bangun Bangsa” di halaman Kantor Bupati Karo, Jumat (28/10/2022).

Komandan Upacara yang dipimpin oleh Lilik Suhendro dan Inspektur Upacara Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, yang membacakan teks dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Prof. Dr. Zainudin Amali, SE, M.Si yang menyampaikan bahwa tema peringatan Sumpah Pemuda kali ini untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda saat mengikrarkan Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

“Tema ini memberikan pesan yang mendalam bahwa harus bersatu padu adalah harga mati yang dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia,” ujar bupati membacakan sambutan Menpora RI.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan untuk kita semua agar momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke – 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa dan mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong Pemuda Indonesia untuk mengembangkan potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa”, kata bupati mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, disela-sela acara tabur bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe Ketua KNPI Kabupaten Karo Kelvin Raya Ketaren, SH Disertai Sekretaris Maradona Tarigan menyampaikan, bahwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 yang lalu menjadi momentum penting bagi bangkitnya semangat persatuan dan kebangsaan Indonesia serta menjadi cikal bakal gerakan pemuda untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan bebas. Marilah kita gelorakan kembali semangat Sumpah Pemuda untuk menyuarakan persatuan bangsa ini, khususnya dalam membangkitkan perekonomian bangsa ini pasca pandemi Covid-19 dan ditengah situasi inflasi yang melanda Indonesia hususnya di Kabupaten Karo ini,

Ketua KNPI Karo juga menyampaikan, selain mengikuti upacara dan tabur bunga di Makam Pahlawan, KNPI Kabupaten Karo juga menggelar aksi donor darah.

di samping itu momentum peringatan 94 tahun Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022 menjadi catatan penting bagi kita, dimana peran organisasi kepemudaan harus terlibat aktif dalam berbagai kegiatan serta momen-momen penting, para anak muda perlu memandang keragaman sebagai anugerah dan merangkainya menjadi kekuatan yang luar biasa untuk mencapai kejayaan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Karo ini. Jadi, berkaitan dengan hal tersebut, kami Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karo sangat menyesalkan ketidakhadiran DPRD Karo dalam momen penting penting Hari Sumpah Pemuda menegaskan.

Pemuda harus membentuk karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai bidang keahlian. Serta mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Karo dalam menghadapi era digital dan persaingan ketat kedepannya.

“Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022 yang Ke-94, Bersama kita Bangkit dan Bersatu Untuk Membangun Bangsa Yang Kuat Bangsa Indonesia dan salam satu nafas”,Pungkas pria ganteng ini.

Turut hadir, seluruh OPD di lingkungan Pemkab Karo, unsur TNI/Polri, KNPI Kabupaten Karo, Ormas dan OKP serta para pelajar dan Pramuka. (As)