Domino

Tapanuli Utara – Masih dalam rangkaian HUT Ke 77 Kabupaten Tapanuli Utara, Waroenk Hitam Putih menggelar pertandingan olahraga ketangkasan Domino atau sering disebut gaple memperebutkan Trophy Bupati, bertempat di Waroenk Hitam Putih jalan guru mangaloksa no 6 Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (21/10/2022).

Turnamen gaple yang dibuka langsung oleh Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan. S.Mi didampingi Anggota DRPD Taput Ombun Simanjuntak, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Marco Panggabean, Kadis Perhubungan Eliston Lumbantobing, Kabag Prokopim David Nainggolan, ketua KONI Taput Robinhot Sianturi, ketua panitia Baharaja Simanjuntak.

Bupati Taput Nikson Nababan dalam sambutannya di acara pembukaan turnamen gaple mengatakan permainan ini adalah sebuah permainan kerjasama tim dan menjalin silahturahmi,”Sebelumnya, saya tanyakan kepada panitia seperti apa permainan ketangkasan ini, jangan jangan ini dipelesetkan jadi judi, panitia menjelaskan bahwa permainan Domino ini hanya permainan ketangkasan saja, maka saya ijinkan untuk digelar untuk para pemain saling menjalin kebersamaan, keakraban dan silahturahmi,”ujar Bupati.

Bupati juga menghimbau agar permainan ini sebelum disahkan oleh undang undang jangan dijadikan ajang perjudian.

Bupati juga menjelaskan pada warga agar permainan ini jangan disalah artikan sebagai bentuk permainan judi,”Jadikan ini sebagai wadah silahturahmi antar Lapo kopi, jangan lagi ada yang salah persepsi, selama 8 tahun memimpin Taput ini, semua janji politik saya, sudah saya kerjakan, pembangunan infrastruktur jalan, Pendidikan, Pertanian, Kesehatan dan olahraga, tentunya semua itu belum tuntas, seperti sungai Sigeaon ini adalah wewenang daripada Provinsi, Tanggulnya wewenang dari Kementerian, begitu juga hutannya bukan lagi wewenang Kabupaten, untuk itu mari kita sama sama menjaga, membangun Kabupaten ini,”ungkap Bupati.

Bupati Nikson Nababan juga mengutarakan pada panitia dan peserta, siapapun nanti yang keluar sebagai juara, semua hadiahnya dari gajinya sebagai Bupati.

Sementara, Ketua KONI Taput Robinhot Sianturi menjelaskan bahwa olahraga ketangkasan Kini domino dimaklumatkan menjadi bagian dari olahraga Domino bukan lagi sekadar permainan hiburan semata,” Saat ini olahraga Domino punya wadah resmi, Namanya, Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI) Komposisi kepengurusannya sudah terbentuk dari pusat hingga ke desa-desa. Dan kepengurusannya di Taput ini akan segera kita proses kepengurusannya,” jelasnya.

Sebelumnya, ketua panitia Baharaja Simanjuntak mengatakan turnamen ini dapat terlaksana setelah mengantongi ijin keramaian dari polres Taput, dinas terkait bahkan pemerintahan desa,” Harapan ketua panitia, semoga pertandingan ketangkasan Domino menjadi salah satu cabor di koni Tapanuli Utara, entertaiment dilingkungan masyarakat yang dikombinasikan dengan minat dan lobi sebagian besar masyarakat, agar sportif dan positif,” ucapnya.

Sistem permainan yang diterapkan panitia, satu tim 2 orang (tandem) dan gugur, memperebutkan 10 poin dan rebut 2 set. Dengan jadwal pertandingan Jumat tanggal 21/22, dan final 23 Oktober 2022.

Adapun 64 tim dibagi 4 grup yang mengikuti turnamen Championship Domino Gaple memperebutkan tropy Bupati Tapanuli Utara dan dana pembinaan. (Henry)