Jumat, April 19, 2024
BerandaPemerintahBupati Mandailing Natal Launching 104 Inovasi Daerah

Bupati Mandailing Natal Launching 104 Inovasi Daerah

Neracanews | Mandailing Natal – Bupati Mandailing Natal yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten, Gozali Pulungan, SH, MM secara resmi launching 104 (seratus empat) Inovasi Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (21/07/2022) di Aula Kantor Bupati Mandailing Natal.

Selain Launching Inovasi Daerah dilaksanakan juga Penandatanganan Kontrak Kinerja Inovasi antara Bupati dengan para Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Unit Kerja.

Dalam sambutan Bupati Mandailing Natal yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten dikatakan, acara Launching Inovasi dan Penandatanganan Kontrak Kinerja Inovasi dilaksanakan sebagai rangkaian tahapan kegiatan Laboratorium Inovasi di Kabupaten Mandailing Natal. Kegiatan Laboratorium Inovasi adalah kegiatan pendampingan inovasi kerja sama Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Mandailing Natal dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Melalui pendampingan inovasi yang dilakukan, perangkat daerah dan unit kerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal telah menghasilkan 104 Inovasi Daerah yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Mandailing Natal Nomor: 070/0748/K/2022 tentang Penetapan Inovasi Daerah Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2022. Inovasi-inovasi tersebut harus dijalankan/diimplementasikan setiap perangkat daerah dan unit kerja guna meningkatkan kinerja.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten dikatakan bahwa tantangan yang dihadirkan di era disrupsi sekarang ini mengharuskan Pemerintah Daerah untuk bekerja dengan cara-cara baru.

Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih cepat, mudah dan pintar terus meningkat. Untuk itu Pemerintah Daerah dituntut terus melakukan terobosan kebijakan untuk menghadapi kondisi tersebut. Maka berinovasi dapat menjadi cara efektif dan berperan sebagai katalisator dalam mengatasi berbagai hambatan dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Untuk itu, Pemerintah Daerah harus mampu memangkas biaya dan memotong jalur birokrasi yang panjang dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Dan ini sejalan dengan amanat Presiden Jokowidodo agar aparatur negara harus merubah pradigma dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada LAN RI yang telah bersedia memberikan pendampingan inovasi kepada Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui kegiatan Laboratorium Inovasi yang di Mandailing Natal diberi nama ‘Bagas Data Inovasi Daerah Mandailing Natal (BAGINDA MADINA)’. Disampaikan juga bahwa tantangan yang paling besar bukan bagaimana inovasi dihasilkan tapi bagaimana menjalankan atau mengimplementasikannya sehingga memberi manfaat bagi masyarakat banyak. Untuk itu LAN RI diharapkan tetap memberikan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI, DR Tri Widodo Wahyu Utomo, SH,MA yang berkesempatan hadir pada acara ini menyampaikan, kegiatan launching 104 Inovasi Daerah ini merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Mandaling Natal.

“Hari ini (21 juli) pada tahun 1969, neil amstrong saat menginjakkan kaki nya di bulan untuk pertama kali, berujar “ini merupakan langkah kecil dari seorang manusia namun merupakan lompatan besar bagi kemanusiaan”, demikian halnya dengan launching inovasi hari ini yang merupakan langkah kecil dari OPD di Kab. Mandailing Natal namun akan menjadi lompatan besar bagi kemajuan pelayanan publik di Kab. Mandailing Natal. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments