Jumat, Maret 29, 2024
BerandaPemerintahBupati Karo Cory Sebayang Hadiri Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran di Medan

Bupati Karo Cory Sebayang Hadiri Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran di Medan

Medan – Bupati Karo Cory S Sebayang bersama Forkopimda Kabupaten Karo mengikuti Rapat Koordinasi (rakor) Evaluasi Penyerapan Anggaran APBD Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara Tahun 2022 dan Penanganan Dampak Inflasi yang dilaksanakan di Grand City Hall Medan, Sumatera Utara (02/11/2022).

Tampak hadir mendampingi bupati, Ketua DPRD Kabupaten Karo Iriana Br Tarigan, Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga Ambar Suoro, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Perwakilan Kajari Karo dan Kepala OPD terkait.

Rapat kordinasi yang dihadiri oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi tersebut juga diikuti oleh Kapolres, Bupati dan Dandim serta Forkopimda se Sumatera Utara dan dilaksanakan secara berani serta diikuti oleh pimpinan OPD terkait se-Sumatera Utara.

Beberapa strategi percepatan realisasi APBD yang dibahas dalam rapat tersebut di antaranya dengan memberikan bimbingan teknis terkait penggunaan APBD secara efektif dan efisien terhadap PPK, PPTK, Bendahara. Memanfaatkan SPSE secara optimal (tender/e-katalog), meningkatkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam pengendalian kualitas belanja, serta memantau hasil pelaksanaan kegiatan oleh APIP; dan penerapan implementasi transaksi nontunai dalam pelaksanaan pendapatan dan belanja APBD.

Beberapa strategi penanganan inflasi yang dirangkum pada kesempatan tersebut yaitu mengoptimalkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di daerah, menyerap produk-produk UMKM dan memprioritaskan pada TKDN pada kegiatan-kegiatan APBD, menyediakan informasi yang terbuka kepada publik terkait stabilitas suplai dan harga kebutuhan pokok masyarakat alokasi anggaran yang memadai untuk program pembangunan pangan, memastikan jaring pengaman sosial, bansos, hibah tepat sasaran dan tepat guna.

Dalam rapat tersebut, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan,” pada rapat evaluasi anggaran anggaran APBD Pemerintah Provinsi dan pemerintah kab/kota se Sumatera Utara tahun 2022, meminta kepada seluruh kepala daerah kab/kota se Sumatera Utara agar mampu bertindak sesuai dengan harapan Presiden RIJoko Widodo.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara selama tiga bulan melaksanakan kegiatan Rapat Forkopimdasu dalam rangka evaluasi segala bentuk kinerja pembangunan Provinsi Sumatera Utara, dan saat ini Provinsi Sumatera Utara dapat mengalami inflasi dibandingkan dengan Provinsi lain.

Selain Gubernur Sumatera Utara Letjend Purn Edy Rahmayadi juga tampak hadir, Wakil Gubsu Musa Rajekshah, Pangdam I/BB Mayjend TNI, Daniel Chadin, Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra Simajuntak, Dankosek Marsma TNI M Nurdin, Danlantamal I Laksma TNI Johanes Djanarko Wibowo, Wakil Kejatisu Asnawi, SH, MH , Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara, Rahmansyah Sibarani. (Afs).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments