Jumat, Maret 29, 2024
BerandaPemerintahBupati Karo Cory Sebayang Buka Konsultasi Publik Rencana Proyek Kerjasama Pemerintah dan...

Bupati Karo Cory Sebayang Buka Konsultasi Publik Rencana Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha SPAM

Kabanjahe – Bupati Karo, Cory S Sebayang membuka Konsultasi Publik Rencana Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kab. Karo yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Jumat (23/09/2022).

Tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan masukan terkait manfaat proyek SPAM, KPBU, dampak negatif proyek SPAM, KPBU dan dukungan pemangku kepentingan proyek SPAM, KPBU.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, “berdasarkan hasil survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2022, di wilayah Kabupaten Karo penyediaan air minum yang layak baru mencapai angka 68,7% sedangkan target tahun 2026 sesuai RPJMD Kabupaten Karo tahun 2021-2026 adalah 80%, bahkan sesuai target SDGs (Sustainable Development Goals) harus mencapai 100% pada tahun 2030″.

Terkait pencapaian target peningkatan akses air minum, Pemkab. Karo mengalokasikan anggaran seoptimal mungkin, namun tingginya kebutuhan pendanaan untuk penyediaan air minum membuat masih banyak masyarakat yang belum mendapat akses air minum yang layak. Oleh karena itu Pemkab. Karo berusaha mendapatkan pembiayaan alternatif untuk kebutuhan investasi pengembangan dan perawatan infrastruktur air minum tersebut.

Pembiayaan alternatif untuk infrastruktur air minum yang akan dikejar oleh Pemkab. Karo adalah melalui skema kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang saat ini telah memasuki tahapan proses mengusulkan SPAM yang dikelola PDAM Tirta Malem.

Bupati berharap pembangunan SPAM Kab. Karo melalui skema KPBU tersebut dapat terwujud sehingga harapan masyarakat Kabupaten Karo akan tersedianya air yang layak dapat segera direalisasikan.

Kegiatan ini juga berlangsung secara virtual melalui zoom meeting yang diikuti oleh pemangku kepentingan dari Pemerintah Pusat yang tidak dapat hadir langsung.

Turut hadir dalam acara ini antara lain Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Karo, Drs. Dapatkita Sinulingga, Kepala Bappedalitbang, Ir. Nasib Sianturi Msi, Plt. Dirut PDAM Tirta Malem Karo, Jusup Sukatendel, dan perwakilan anggota DPRD Kab. Karo serta Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab. Karo. (Afs)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments