Jumat, April 19, 2024
BerandaPemerintahBuka Rapat Pendataan Awal Regsosek 2022, Sekda Minta Camat Berikan Data Akurat

Buka Rapat Pendataan Awal Regsosek 2022, Sekda Minta Camat Berikan Data Akurat

Neracanews | Mandailing Natal – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Gazali Pulungan membuka rapat koordinasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di Aula Ladang Sari, Kecamatan Panyabungan, Senin (26/9/2022).

Dalam sambutan Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution yang dibacakan Gazali Pulungan mengatakan satu data nasional merupakan langkah dalam reformasi perlindungan sosial. Data yang akurat dan valid akan sangat bermanfaat untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan program baik itu untuk penanggulangan kemiskinan kependudukan Ketenagakerjaan dan lain sebagainya.

Pendataan regsosek, kata Gozali, merupakan pendataan secara komprehensif penduduk Indonesia yang melingkupi demografi, perumahan, kondisi disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial.

“Pelaksanaan regsosek ini merupakan titik utama dari perjalanan panjang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Camat dan kepala desa harus memperhatikan ini,” kata Gozali.

Dengan ini, Gozali berharap camat, kepala desa dan lurah berkolaborasi memberikan data yang akurat. Intervensi dilakukan bisa konvergensi di semua tingkatannya dan mencapai sasaran target dengan tingkat kebenaran yang tinggi.

Gozali mengatakan hasil regsosek menjadi dasar basis data yang akan dituangkan dalam program kesejahteraan sosial ekonomi yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat daerah dan pihak lainnya oleh karena itu reksosek menjadi ujung tombak data sehingga setiap program tepat sasaran.

“Pemerintah Kabupaten Madina sangat mendukung kegiatan ini, kami berharap tidak ada lagi salah sasaran dalam menentukan kebijakan pemberian bantuan kepada masyarakat prasejarah,” kata Gozali.

Kedepan, Gozali ingin data yang diperoleh dari regsosek akan diintegrasikan dengan data kemiskinan individual di Kabupaten Madina.

Gozali mengatakan peran BPS sangat sentral dan strategis dalam pendataan regsosek ini. Partisipasi aktif masyarakat dan pihak yang berkepentingan sangat diperlukan dalam pembaruan data secara berkesinambungan hingga desa dan kelurahan.

“Saya minta kepada seluruh pimpinan perangkat daerah agar membantu kelancaran pelaksanaan pendataan regsosek di lapangan dan menghimbau seluruh personil institusinya menjadi responden aktif dan jujur”, tegas Gozali. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments