Neracanews | Langkat – Merebaknya wabah penyakit PMK belakangan ini membuat kekhawatiran terhadap para peternak, terutama kepada masyarakat.

Hal ini juga ikut di rasakan para peternak di Deda Gebang Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Mengantisipasi penyebaran wabah penyakit PMK, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok memerintahkan kepada seluruh jajarannya terkhusus Bhabinkamtibmas untuk rutin melakukan monitoring dan sosialisasi terkait wabah penyakit PMK kepada para peternak Kambing dan Lembu.

Menindak lanjuti atensi dari Kapolres Langkat, Briptu Heru Kurniawan langsung menyambangi Desa Gebang tempat ia bertugas.

Bhabinkamtibmas Desa Gebang kabupaten Langkat itu menyambangi Anggi, salah seorang warga yang merupakan peternak lembu pada Rabu (25/5) yang berada di Dusun II Desa Dogang.

Dalam kunjungannya, Briptu Heru menyampaikan informasi dan mensosialisasikan terkait wabah PMK yang menyerang hewan ternak kambing dan lembu.

Ia juga menyarankan agar para peternak rutin melakukan penyemprotan disinfektan serta memperhatikan kebersihan kandang ternak agar meminimalisir menyebarnya wabah PMK.

“Wabah Penyakit Mulut dan Kaki ( PMK) tidak menular kepada manusia, dan jika ada peternak yang hewan ternaknya mengalami gejala penyakit PMK, agar segera melaporkan kepada Kepala Desa/Bahbinkamtibmas/Babinsa/Dinas Peternakan agar mendapatkan penanganan selanjutnya”, ucap Briptu Heru.

Para peternak yang mendapat kunjungan dan pelayanan dari Bhabinkamtibmas merasa senang karna merass di perhatikan dan di layani oleh Polres Langkat.

Warga juga siap bekerja sama dan menginformasikan dengan aparat kepolisian serta dinas terkait jika mendengar atau mengetahui ada hewan ternak yang mengalami gejala penyakit PMK.(021)