Sabtu, April 13, 2024
BerandaPemerintahBank Sumut Serahkan Bantuan Rp 38,8 Juta kepada 30 Perajin Tape Juma...

Bank Sumut Serahkan Bantuan Rp 38,8 Juta kepada 30 Perajin Tape Juma Siulok

Dairi – Bank Sumut memberikan 30 set bantuan peralatan pendukung pengolahan tape senilai Rp.38.850.000 kepada 30 perajin tape di Desa Juma Siulok, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi, Rabu (15/2/2023).

Adapun bantuan yang diserahkan Bank Sumut berupa bantuantabung gas, kompor gas, serta kukusan (dandang).

Bantuan dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sumut secara simbolis diserahkan Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu didampingi perwakilan dari Bank Sumut Cabang Sidikalang Lambok Tampubolon di Balai Desa Juma Siulok.

Ny. Romy Mariani menyampaikan harapan pada para pengrajin sekaligus pengusaha tape di desa ini untuk semakin kreatif mengembangkan produk-produk turunan dari tape Juma Siulok ini.

Dijelaskannya, bantuan ini merupakan realisasi dari permohonan Pemkab Dairi sejak tahun lalu.

“Yang saya ingin setelah penyerahan bantuan ini ibu-ibu makin kreatif dalam mengolah tape. Bantuan CSR Bank Sumut ini merupakan alat pendukung untuk produk-produk turunan tape. Kita harus makin kreatif, selain tape sebagai produk utamanya, buatlah kreativitas produk turunan lain dari tape ini, misalkan produk cake, puding tape, bolu tape, atau yang lainnya guna menghasilkan uang tambahan,” kata Ny. Romy.

Selain itu, Ny. Romy juga menjelaskan, pemberian nama produk yang dihasilkan juga harus dipikirkan sedari awal agar produk lebih komersil.

“Misalnya saja kita buat nama produknya ‘Tape Kerajaan’, agar lebih komersil. Kita juga kan berharap dengan nama produk yang lebih menjual maka produk yang kita hasilkan pun akan semakin mudah dikenal.

Tak hanya itu, kita juga harus manfaatkan moment dan even besar seperti pameran, sebab, masuk pada even besar juga solusi memperkenalkan tape ini ke dunia luar,” katanya.

Sementara itu, Lambok Tampubolon menyampaikan dengan bantuan ini para perajin tape akan mampu naik kelas. Dia juga berharap para perajin ikut berpartisipasi bila Bank Sumut punya even sebagai ajang promosi.

“Kami berharap para perajin tape bisa naik kelas, kami dari Bank Sumut setiap tahun menggelar pameran beragam produk dari nasabah atau mitra Bank Sumut. Kami harapkan perajin tape Juma Siulok dapat berpartisipasi. Siapa tau, produk tape Juma Siulok bisa ikutan di ajang nasional. Semoga bantuan yang kami berikan hari ini bermanfaat meningkatkan produktifitas para pengrajin tape di sini,” katanya.

Sebagai informasi Tahun 2022, Desa Juma Siulok di Kecamatan Siempat Nempu ini menjadi desa binaan TP. PKK Kabupaten Dairi sebagai desa Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pembinaan dan sosialisasi dasawisma dan aplikasi SIDASA oleh TP. PKK Kabupaten Dairi dibantu tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments