Pemkab
MUBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) baru-baru ini melaksanakan peralihan kepemimpinan, tepatnya pada 30 Mei 2022 lalu Drs H Apriyadi, M.Si., dikukuhkan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Muba oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru menggantikan Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, Lic., Econ., MBA., dan Wakil Bupati (Wabup) Muba Beni Hernedi, S.IP., yang habis masa jabatan 22 Mei 2022 lalu.

Dihari yang sama juga dilangsungkan pelantikan Pj Sekda Muba Musni Wijaya, S.Sos., M.Si., dan Pj Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi.

Proses peralihan kepemimpinan tersebut pun berjalan dengan baik. Atas dasar itulah, Pemkab Muba menyelenggarakan kegiatan syukuran yang dirangkai dengan pembacaan surat yasin dan DO’A bersama dan ceramah agama di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Senin (6/6/2022).

Pj Bupati Muba Drs Apriyadi, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati Dodi-Beni masa jabatan 2017-2022, beserta Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Muba atas pengabdian dan dedikasi selama menggerakkan roda pemerintahan di Bumi Serasan Sekate.

“Banyak inovasi yang dilakukan beliau berdua. Oleh karena itu, selaku orang yang diberi amanah meneruskan kepemimpinan, kita wajib menuntaskan visi misi di tahun 2022 ini. Mudah-mudahan atas jasa-jasanya semoga beliau dan keluarga diberi kesehatan oleh Allah SWT,” ucapnya.

Mantan Sekda Muba ini juga memohon dukungan dari semua lapisan masyarakat dalam Kabupaten Muba, Forkopimda, ASN, dan perangkat daerah Muba untuk menjalankan program pembangunan.

“Saya yakin tanpa dukungan dari semua stakeholder, tentunya percepatan pembangunan yang diprogramkan tidak akan berjalan seperti yang kita harapkan,” tuturnya.

Sebagai seorang muslim, dirinya akan menjadikan jabatan ini sebagai amanah yang diberikan Allah SWT sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya diberi amanah oleh Presiden melalui Kemendagri. Sebagai orang yang diberi amanah, jadi saya akan menggunakan tiga dasar keislaman, pertama meniatkan kepemimpinan ini sebagai ibadah. Kedua bahwa Allah memberikan kekuasaan kepada saya dan Allah juga yang akan mencabutnya. Ketiga selama memimpin, saya akan memegang teguh “sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, saat pelantikan ada pesan penting yang disampaikan Gubernur Sumsel H Herman Deru. Salah satunya yakni penurunan angka kemiskinan.

“Untuk itu, kami mengharapkan kinerja kawan-kawan semua, kita sama-sama membangun kabupaten ini, terutama menurunkan angka kemiskinan. Terakhir, sengaja kami mengundang bapak ibu sekalian karena ini bentuk rasa syukur dan rasa terima kasih kami, karena kami telah menjalani peralihan kepemimpinan dengan baik dan kondusif,” jelasnya.

Acara syukuran ini turut dihadiri Ketua DPRD Muba Sugondo, SH., beserta istri, Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan, SST., MT., Kapolres Muba AKBP Alamsyah Pelupessy, SH., S.Ik., M.Si., Kajari Muba Markos Marudut Mangapul Simare Mare, SH., MH., M.Hum., Pj Ketua TP PKK Muba Asna Aini Apriyadi, Pj Sekda Muba H Musni Wijaya, S.Sos., M.Si., para asisten, staf ahli bupati, para camat, dan kepala desa di lingkungan Kabupaten Muba. (Berry)